Nama Dosen : Dyah Ayu Damayanti
Nama : Maria Febrianti Gaso
Badeoda(18116098)
Kelas : 2KA19
Matkul : Inovasi & New Technology
Jurusan : Sistem Informasi(SI)
Tugas IV : apa itu SEO,SEM, SMM, SMOApa itu SEO, SEM, SMM dan SMO
Mari kita mengenal apa itu SEO, SEM dan SMO. Perlu di ketahui bahwa di dunia moderen ini, sekarang kita suddah mengenal internet dan semua aplikasi yang tercantum di dalamnya.nah, agar semua aplikasi tersebut berjalan di butuhkan campur tangan dari SEO,SEM dan SMO
Oleh karena itu, mari kita menyimak beberapa penjelasan dari SEO,SEM dan SMO.
Yukk kita simak dan mengerti apa yang di maksudkan
SEO >>>>>>>>
SEO singkatan kata dari Search
Engine Optimization, yakni sebuah proses atau kampanye untuk mendorong
peringkat sebuah website pada hasil penelusuran mesin pencari, entah itu metode
alami maupun berbayar. Kampanye SEO bakal berjalan mulus jika website menganut
beragam elemen yang “disukai” oleh mesin pencari. Selain itu perlu ditopang
dengan ketepatan pemilihan kata kunci (keyword) yang minim pesaing.
Memenangi SEO perlu menaklukkan
dua area dasar untuk mendorong peringkat di hasil penelusuran, yakni on-page
dan off-page. Optimasi on-page terpusat pada beragam elemen website yang
menyokong sebuah laman web seperti gambar, konten tekstual dan kode HTML.
Sedangkan optimasi off-page terpusat pada penyebaran lebih banyak backlink,
yakni tautan (link) menuju website yang sedang dioptimasi.
Selain on-page dan off-page, ada
tiga metode SEO yang berpengaruh pada peringkat hasil penelusuran mesin pencari
yaitu: white hat, black hat dan gray hat. Jika ingin website lebih disukai oleh
Google dan sejenisnya, pilih white hat ketimbang black hat. Namun sebagian
perusahaan jasa SEO justru menawarkan metode gray hat dimana harganya lebih
terjangkau ketimbang white hat.
Bagi CB, SEO terbaik adalah Konten Berkualitas
(Quality Content) dengan dukungan Template Blog SEO Friendly, User Friendly,
dan Responsive.
SEM>>>>>>>>>>
SEM singkatan kata dari Search
Engine Marketing adalah tipe internet marketing yang berhubungan dengan riset,
submit dan posisi dari sebuah website pada hasil penelusuran mesin pencari demi
meningkatkan jumlah pengunjung, entah itu alami atau berbayar. SEM bukan
sekedar SEO biasa melainkan turut mengusung beragam elemen penting untuk
memperoleh trafik lebih banyak, yakni riset kata kunci, analisis kompetitif,
posting berbayar (paid listings) dan sejumlah layanan dari mesin pencari.
SEM punya jangkauan lebih luas
ketimbang SEO. Jika tujuan utama SEO memperoleh hasil penelusuran lebih baik di
mesin pencari, maka SEM bertujuan memperoleh pengunjung tertarget dari mesin
pencari melalui iklan berbentuk link pada hasil penelusuran selain pencarian
alami untuk memperoleh pengunjung tertarget menuju website.
SMM >>>>>>
SMM singkatan kata dari Social
Media Marketing merupakan sebuah metode gratisan atau berbayar untuk memperoleh
trafik tertarget menuju website dengan mengandalkan Facebook, Twitter
,LinkedIn, Pinterest, YouTube, Google+ dan jaringan sosial media lainnya. Bisa
dikatakan bahwa SMM merupakan upaya dongkrak “nilai jual” sebuah website
melalui sosial media, entah itu gratisan atau berbayar via pemasangan iklan.
SMM terbagi menjadi dua area
dasar yakni Social Media Optimization (SMO) dan Social Media Advertising (SMA).
Tujuan utama SMO yaitu meningkatkan jumlah trafik tertarget menuju website
melalui aktivitas sosial di dunia maya seperti blogging, tulis update status di
sosial media, terlibat diskusi grup, sosial bookmarking, viral, manajemen
reputasi online, polling atau rating pengguna, feedback, tombol sharing dan
penggunaan situs berbagi foto dan video.
Sedangkan
tujuan utama SMA yaitu meningkatkan jumlah trafik tertarget sebuah website
melalui layanan iklan dari jaringan sosial media. Metode ini mewajibkan pemilik
website membayar layanan agar iklan promosi muncul di laman sosial media
seluruh pengguna demi dongkrak “nilai jual” dan pengikut (follower).
SMO >>>>>
SMO singkatan kata dari Social
Media Optimization, yakni sebuah metode meningkatkan jumlah trafik tertarget menuju
website via aktivitas sosial media. SMO bisa dikatakan sebagai proses
meningkatkan kesadaran pengguna internet terhadap produk, merek atau promosi
event via layanan sosial media beserta komunitas untuk publisitas secara viral.
SMO melibatkan penggunaan RSS
feed, situs bookmarking, sosial media, situs blogging dan sharing video/photo.
Secara garis besar SMO serupa SEO, yakni bertujuan menggiring trafik menuju
website. Akan tetapi metode ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Social
Media Marketing.
Manfaat SEO, SEM, SMM & SMO
kalau dilihat dari Tujuan utama pebisnis membangun
sebuah website itu untuk meningkatkan angka penjualan sekaligus
mendekatkan diri kepada konsumen. Akan tetapi hal ini akan berjalan sia-sia
jika tidak melakukan optimasi SEO, SEM, SMM dan SMO. Ada banyak manfaat
yang akan diperoleh setelah melakukan optimasi SEO, SEM, SMM dan SMO
sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.
Trafik kunjungan
SEO, SEM, SMM dan SMO bertujuan
meningkatkan jumlah trafik kunjungan dari pengguna internet tertarget, mulai
dari mesin pencari hingga sosial media. Empat metode tersebut jauh lebih
efektif dan hemat biaya ketimbang email marketing. Dengan penerapan strategi
yang tepat, website mungkin saja dibanjiri banyak pengunjung.
Peringkat website
Jika ingin website lebih ramah
mesin pencari, maka metode SEO, SEM, SMM dan SMO sangat diperlukan. Peringkat
website pada hasil penelusuran untuk kata kunci tertentu semakin terdongkrak
naik, bahkan kemungkinan besar berada di urutan teratas apabila semua
diterapkan sempurna.
Cepat populer
Cara tercepat menarik perhatian
pengguna internet agar mau berkunjung ke website melalui SEO, SEM, SMM dan SMO.
Biaya jauh lebih terjangkau dan efektif ketimbang promosi offline via media
cetak atau email marketing. Dampak positif pada website bisa dirasakan lebih
cepat, meski tergantung dari konten, kata kunci beserta kebiasaan pengguna
internet.
Kemudahan analisis
SEO, SEM, SMM dan SMO
memungkinkan pemilik website menganalisis serta melacak kebiasaan pengunjung
sehingga berpotensi memaksimalkan kata kunci. Dengan demikian pemilik bisa
mengetahui langkah dan strategi yang akan diambil karena lebih banyak
memperoleh data akurat.
Brand awareness
Tujuan utama SEO, SEM, SMM dan
SMO tak sekedar meningkatkan trafik kunjungan, tetapi mendongkrak brand
awareness atau kesadaran merek di mata pengguna internet. Semakin tinggi posisi
website di mesin pencari atau sosial media, maka lebih banyak kunjungan
pengguna internet menuju website. Hal ini turut mempengaruhi angka penjualan.
Promosi efektif
Menguasai metode SEO, SEM, SMM
dan SMO mempermudah website dalam mempromosikan produk, konten, press release
atau informasi penting yang perlu diketahui oleh konsumen secepat mungkin. Kombinasi
empat metode tersebut sangat kuat sehingga berpengaruh besar dalam promosi
efektif nan murah.
Seberapa penting SEO, SEM, SMM & SMO?
jikalau kamu ingin fokus membangun trafik kunjungan dan
mendongkrak angka penjualan, maka SEO, SEM, SMM & SMO perlu dan sangat wajib diterapkan. karena
Jangan hanya terpaku pada satu elemen saja yang cenderung monoton. Trafik dari
pengunjung tertarget tidak hanya datang dari mesin pencari, namun berasal
langsung dari sosial media yang sudah banyak di gunakan oleh masyarakat seluruh dunia baik. menyatukan empat elemen tersebut mungkin menguras
biaya besar, tetapi jauh lebih efektif dan murah ketimbang metode lain, iya ga sih ?
kalau menurut saya kalau mau bagus ya harus berkorban mengeluarkan biaya yang cukup besar.
Referensi :
https://www.google.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/SEO
http://www.contohblog.com/2016/02/Pengertian-SEO-SEM-SMO-SMM.html
https://www.seon.co.id/apa-itu-seo-sem-smm-smo/
https://www.google.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/SEO
http://www.contohblog.com/2016/02/Pengertian-SEO-SEM-SMO-SMM.html
https://www.seon.co.id/apa-itu-seo-sem-smm-smo/
Komentar
Posting Komentar